Lafadz Takbiran Idul Fitri dan Idul Adha

Jumat, 7 April 2023 - 08:29 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Talamus.id, – Ketika kita berbicara tentang takbiran, maka kita pasti akan teringat dengan momen-momen istimewa di malam Idul Fitri dan Idul Adha. Suara takbir yang menggelegar di seluruh penjuru kota menjadi suatu fenomena yang sangat khas bagi umat Islam. Namun, apakah benar kita sudah mengetahui apa yang sebenarnya menjadi makna dari Lafadz Takbiran itu sendiri?

Takbiran merupakan seruan atau panggilan kepada seluruh umat Islam untuk memperbanyak mengucapkan kalimat-kalimat yang bertujuan untuk membesarkan dan memuliakan nama Allah SWT.

Idul Adha merupakan salah satu momen penting dalam agama Islam yang dirayakan setiap tahunnya. Salah satu tradisi yang dilakukan pada Idul Adha adalah mengucapkan takbiran. Takbiran Idul Adha ini berbeda dengan takbiran Idul Fitri, karena dilakukan pada hari-hari tertentu sebelum dan sesudah hari raya Idul Adha.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berikut ini adalah Lafadz Takbiran Idul Adha 2023 yang lengkap dengan tulisan Arab dan terjemahannya:

  1. اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ، وَلِلَّهِ الْحَمْدُ “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaha illallah, wallahu akbar, Allahu Akbar, wa lillahi al-hamd.”

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi Allah.”

  1. اللَّهُ أَكْبَرُ، كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا “Allahu Akbar, kabiran wa al-hamdu lillahi kathiran, wa subhanallah bukratan wa aseela.”

Artinya: “Allah Maha Besar, Maha Agung, segala puji bagi Allah, banyak, dan Maha Suci Allah di pagi dan petang.”

  1. سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ “Subhanalladzi sakhkhara lana hadza wa ma kunna lahu muqrinin wa inna ila rabbina lamunqalibun.”

Artinya: “Maha Suci Allah yang telah menundukkan untuk kami semua ini, sedangkan kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Selain mengucapkan takbiran, ada beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan pada hari raya Idul Adha, di antaranya adalah menyembelih hewan qurban, membagikan daging qurban kepada orang-orang yang membutuhkan, serta melakukan sholat Idul Adha.

Menyembelih hewan qurban adalah tradisi yang dilakukan umat Islam pada hari raya Idul Adha. Hewan qurban yang boleh disembelih antara lain adalah sapi, kerbau, kambing, dan domba. Setelah hewan disembelih, dagingnya dibagikan kepada keluarga dan kerabat yang membutuhkan, serta disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan seperti fakir miskin dan anak yatim piatu.

Selain itu, sholat Idul Adha juga menjadi momen yang dinanti-nanti oleh umat Islam. Sholat Idul Adha dilakukan pada pagi hari pada tanggal 10 Dzulhijjah, setelah rangkaian acara penyembelihan hewan qurban selesai dilakukan. Sholat Idul Adha dilakukan dengan jumlah rakaat yang sama seperti sholat Idul Fitri, yaitu dua rakaat.

Dalam rangka menyambut Idul Adha, selain melakukan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan ibadah, kita juga bisa menyebarkan kebaikan dengan membantu orang-orang yang membutuhkan. Kita dapat memberikan bantuan berupa dana atau barang kebutuhan pokok kepada mereka yang sedang kesulitan. Kita juga bisa berbagi kebahagiaan dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman-teman, dengan memberikan kado atau mengunjungi mereka.

Dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti itu, kita dapat memperkuat rasa solidaritas dan kebersamaan di antara umat Islam. Kita juga dapat mempererat tali persaudaraan dengan orang-orang terdekat, serta menyebarkan kebahagiaan dan keberkahan di sekitar kita.

Demikianlah artikel mengenai Lafadz Takbiran Idul Adha 2023 yang lengkap dengan tulisan Arab dan terjemahannya, serta beberapa kegiatan yang biasa dilakukan pada hari raya Idul Adha. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi pembaca. Terima kasih.

Berita Terkait

Cara Mendaftar KIP Kuliah kuliah.kemdikbud.go.id Yang Benar
Siapa Abah Aos: Ulama Sufi dan Mursyid ke-38 TQN Suryalaya
Mengajarkan Kasih Sayang pada Orangtua Melalui Dongeng Malin Kundang
Menyambut Bulan Syaban: Tanggal Hijriah dan Doa Awal Bulan
Weekday Artinya? Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya
Cara Penulisan yang Tepat untuk Partikel “-pun” dalam Bahasa Indonesia
Merk Susu Evaporasi di Indomaret
Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BRI Lewat Fitur BRImo

Berita Terkait

Selasa, 13 Februari 2024 - 22:16 WITA

Cara Mendaftar KIP Kuliah kuliah.kemdikbud.go.id Yang Benar

Senin, 12 Februari 2024 - 15:51 WITA

Siapa Abah Aos: Ulama Sufi dan Mursyid ke-38 TQN Suryalaya

Sabtu, 10 Februari 2024 - 21:39 WITA

Mengajarkan Kasih Sayang pada Orangtua Melalui Dongeng Malin Kundang

Sabtu, 10 Februari 2024 - 19:15 WITA

Menyambut Bulan Syaban: Tanggal Hijriah dan Doa Awal Bulan

Sabtu, 10 Februari 2024 - 09:46 WITA

Weekday Artinya? Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya

Sabtu, 10 Februari 2024 - 09:20 WITA

Cara Penulisan yang Tepat untuk Partikel “-pun” dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 9 Februari 2024 - 09:44 WITA

Merk Susu Evaporasi di Indomaret

Rabu, 7 Februari 2024 - 14:27 WITA

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BRI Lewat Fitur BRImo

Berita Terbaru

Teknologi

Nubia Red Magic 9 Pro: Raja Baru Smartphone Gaming

Senin, 26 Feb 2024 - 14:51 WITA

Hiburan

Profil Dan Biodata Anggota Tws, Boyband Dari Pledis

Senin, 26 Feb 2024 - 14:40 WITA