Letak Astronomis Benua Asia dan Penjelasan Lengkap

Minggu, 12 Februari 2023 - 00:13 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Talamus.id, – Benua Asia merupakan benua terbesar kedua di dunia setelah benua Afrika. Terletak di bagian northern hemisphere, benua Asia memiliki luas wilayah sekitar 44.5 juta km persegi. Terdapat beberapa negara besar yang terletak di benua Asia, seperti China, India, Rusia, dan banyak lagi.

Benua Asia memiliki letak astronomis yang unik dan memiliki kontribusi besar terhadap dunia. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan letak astronomis benua Asia dan bagaimana hal itu mempengaruhi wilayah-wilayah yang terletak di sekitarnya.

Letak Astronomis Benua Asia

Benua Asia terletak di bagian northern hemisphere dan berbatasan dengan benua Eropa di sebelah barat dan benua Australia di sebelah selatan. Bagian timur benua Asia berbatasan dengan Samudera Pasifik, dan bagian utara berbatasan dengan Samudera Arktik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Secara astronomis, benua Asia terletak antara 6° E dan 170° E lintang dan antara 24° N dan 60° N bujur. Ini berarti bahwa sebagian besar benua Asia terletak di khatulistiwa dan hanya sebagian kecil yang terletak di kutub utara.

Pengaruh Letak Astronomis terhadap Wilayah di sekitarnya

Letak astronomis benua Asia memiliki pengaruh besar terhadap wilayah-wilayah yang terletak di sekitarnya. Berikut adalah beberapa contoh pengaruh letak astronomis terhadap wilayah di benua Asia:

Cuaca dan Iklim

Letak astronomis benua Asia mempengaruhi cuaca dan iklim di wilayah-wilayah yang terletak di sekitarnya. Sebagian besar benua Asia terletak di khatulistiwa, sehingga memiliki iklim tropis dan subtropis. Negara-negara seperti India dan Thailand memiliki iklim yang panas dan lembab, sementara negara-negara seperti China dan Jepang memiliki iklim yang lebih dingin dan kering.

Kemiringan Matahari

Letak astronomis benua Asia juga mempengaruhi kemiringan matahari di wilayah-wilayah yang terletak di sekitarnya. Karena sebagian besar benua Asia terletak di khatulistiwa, matahari terbenam lebih cepat dan terbit lebih cepat dibandingkan dengan wilayah-wilayah yang terletak di kutub utara. Ini mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan aktivitas manusia

yang berhubungan dengan pertanian di wilayah-wilayah tersebut.

Sumber Daya Alam

Letak astronomis benua Asia juga mempengaruhi sumber daya alam yang terdapat di wilayah-wilayah yang terletak di sekitarnya. Negara-negara seperti Rusia dan Kazakhstan memiliki luas wilayah yang luas dan sumber daya alam yang melimpah, seperti minyak dan gas. Negara-negara seperti China dan India memiliki populasi yang besar dan membutuhkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Diagram Letak Astronomis Benua Asia

Untuk memvisualisasikan letak astronomis benua Asia, berikut adalah diagram yang menunjukkan letak benua Asia di dunia:

Dampak Letak Astronomi Asia

Letak astronomi benua Asia memiliki beberapa pengaruh, yang dapat dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujur. Berikut adalah dampak dan pengaruh letak astronomi Asia beserta penjelasannya.

Iklim

Iklim di benua Asia sangat beragam pada setiap wilayahnya. Berikut adalah beberapa jenis iklim yang terdapat di benua Asia:

  • Iklim tropis, meliputi sebagian besar wilayah Asia Tenggara (ASEAN) dan bagian barat India.
  • Iklim tropis basah, meliputi wilayah Asia Selatan.
  • Iklim sub-tropis basah, meliputi sebagian besar wilayah Asia Timur.
  • Iklim sedang, meliputi sebagian kecil wilayah Asia Timur dan sebagian kecil Asia Tenggara.
  • Iklim kutub, meliputi wilayah Asia Utara dan Siberia Utara.
  • Iklim gurun, meliputi daerah-daerah gurun seperti negara-negara Timur Tengah, Mongolia, Tibet, dan sebagian China.

Curah Hujan

Curah hujan di benua Asia juga cukup bervariasi. Curah hujan yang tinggi dapat ditemukan di negara-negara wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur, sedangkan curah hujan yang rendah terdapat pada negara-negara wilayah Asia Barat atau sebagian wilayah Asia Tengah.

Ekonomi

Perekonomian penduduk di benua Asia sebagian besar berpusat pada bidang pertanian dan pertambangan. Hal ini disebabkan faktor iklim dan cuaca yang ada di benua Asia. Namun, beberapa negara sudah memiliki sektor industri yang maju, seperti Jepang, Korea Selatan, dan Singapura.

Pembagian Waktu

Letak astronomi juga menyebabkan adanya pembagian waktu. Di Asia, pembagian waktu terbagi sebagai berikut:

  • GMT+2, meliputi wilayah Israel, Suriah, Yordania, Palestina, Lebanon.
  • GMT+3, meliputi wilayah Bahrain, Qatar, Yaman, Irak, Kuwait, Arab Saudi.
  • GMT+3.30, meliputi Iran.
  • GMT+4, meliputi Oman dan Uni Emirat Arab.
  • GMT+4.30, meliputi Afghanistan.
  • GMT+5, meliputi Kirgisztan, Pakistan, Uzbekistan, Turkmenistan, Kazakhstan Barat, Maladewa, Tajikistan.
  • GMT+5.30, meliputi India dan Sri Lanka.
  • GMT+5.45, meliputi Nepal.
  • GMT+6, meliputi Bangladesh, Kazakhstan Timur, Bhutan.
  • GMT+6.30, meliputi Myanmar
  • GMT+6.30, meliputi Negara Myanmar
  • GMT+7, meliputi Indonesia Barat, Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos, sebagian kecil Mongolia.
  • GMT+8, meliputi Indonesia Tengah, China, Malaysia, Brunei, Filipina, Singapura, sebagian besar Mongolia, Makau, Hong Kong, Taiwan.
  • GMT+9, meliputi Indonesia Timur, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Timor Leste.

Karakteristik Benua Asia

Asia adalah benua terluas di bumi yang memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari benua lain. Beberapa karakteristik tersebut adalah:

  1. Luasnya: Asia adalah benua terluas dengan luas sekitar 44 juta km persegi, lebih besar dari Eropa seluas 10,18 juta km persegi.
  2. Karya Seni dan Budaya: Asia memiliki banyak bangunan kuno yang merupakan keajaiban dunia, seperti Candi Borobudur di Indonesia, Tembok Raksasa di Tiongkok, Taj Mahal di India, dan Ka’bah di Arab Saudi.
  3. Penduduk: Beberapa negara di Asia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar, seperti Tiongkok, India, Indonesia, Bangladesh, Pakistan, dan Jepang.
  4. Agama: Asia adalah tempat lahir beberapa agama besar seperti Islam, Kristen, Buddha, Hindu, dan Kong Hu Chu.
  5. Pegunungan dan Dataran Tinggi: Asia memiliki sejumlah pegunungan, gunung, dan dataran tinggi tertinggi di dunia, seperti Pegunungan Himalaya, Gunung Everest, dan dataran tinggi Tibet.
  6. Laut: Asia memiliki laut terluas di dunia, yaitu Laut China Selatan.
  7. Minyak Bumi: Asia adalah benua penghasil minyak bumi terbesar di dunia, terutama dari Arab Saudi.

Bagian-bagian Benua Asia

Asia terbagi menjadi beberapa wilayah atau region, seperti Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Rusia. Pembagian ini lebih didasari oleh perbedaan budaya dibandingkan dengan aspek fisik wilayah.

  1. Asia Tenggara Asia Tenggara adalah kawasan di Asia dengan luas sekitar 4,5 juta km2 dan berbatasan dengan China (Tiongkok) di utara, Samudra Hindia di selatan, Samudra Pasifik di timur, dan Samudra Hindia di barat. Terdapat 11 negara di Asia Tenggara, termasuk Republik Indonesia, dan dibagi menjadi dua kelompok, Asia Tenggara Darat (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM).
  2. Asia Timur Asia Timur memiliki luas wilayah sekitar 11,8 juta km2 dan penduduk lebih dari 1,5 miliar orang. Negara-negara di wilayah ini tergolong negara maju seperti Jepang dan Korea.
  3. Benua Asia didominasi oleh pegunungan dari rangkaian sirkum mediterania. Salah satu puncaknya adalah Pegunungan Himalaya dengan Gunung Everest. Puncak tertinggi dari gunung ini berada pada ketinggian sekitar 8.848 meter di atas permukaan laut di Nepal.

Kawasan di Benua Asia Benua

Asia terbagi menjadi beberapa bagian atau wilayah, seperti Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Rusia. Setiap wilayah memiliki ciri yang membedakannya dari wilayah lain, dan pembagian ini lebih didasarkan pada perbedaan budaya daripada aspek fisik.

  • Asia Tenggara Asia Tenggara adalah sebuah wilayah di Benua Asia yang memiliki luas kurang lebih sekitar 4.5 juta km2. Wilayah ini berbatasan dengan China di utara, Samudra Hindia di selatan, Samudra Pasifik di timur, dan Samudra Hindia di barat. Asia Tenggara memiliki 11 negara, salah satunya adalah Indonesia. Negara-negara di wilayah ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Asia Tenggara Darat (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM).
  • Asia Timur Asia Timur memiliki luas wilayah sekitar 11.8 juta km2 dan penduduk sebanyak lebih dari 1,5 miliar jiwa. Negara-negara di wilayah ini termasuk negara maju, seperti Jepang dan Korea. Melalui peta Benua Asia bagian timur, kita dapat melihat batas-batas antar negara.
  • Asia Barat Asia Barat terletak di selatan Benua Eropa bagian timur dan berada di bagian paling barat dari peta Benua Asia. Wilayahnya memiliki luas sekitar 6.255.160 km2 dan penduduk sebanyak 313.428 juta jiwa. Negara-negara di kawasan ini mayoritas merupakan negara kaya dan maju, hal ini berkaitan dengan adanya sumber kekayaan alam seperti minyak bumi.
  • Asia Tengah Asia Tengah merupakan bagian keempat dari Benua Asia dan memiliki luas wilayah lebih dari 4 juta km2 serta penduduk sebanyak lebih dari 80 juta jiwa. Negara-negara di wilayah ini merupakan bekas wilayah dari Uni Soviet. Kazakhstan adalah negara terluas di kawasan ini.
  • Asia Selatan Asia Selatan memiliki luas wilayah sekitar 4.480.000 km2 atau sekitar 10% dari luas total Benua Asia. Asia Selatan berbatasan dengan Asia Timur di timur, Asia Tenggara di tenggara, Asia Tengah di utara, dan Asia Barat di barat. Wilayah ini juga berbatasan dengan Samudera Hindia di selatan. India adalah negara terluas dan memiliki jumlah penduduk terbanyak di kawasan ini. Negara-negara di Asia Selatan mayoritas masih berkembang.

Berita Terkait

Peran Keluarga dalam Membangun Demokrasi yang Beradap
Beyond Proklamasi: Kisah Heroik Perjuangan Bangsa Indonesia Mempertahankan Kemerdekaan
Cara Mendaftar KIP Kuliah kuliah.kemdikbud.go.id Yang Benar
Siapa Abah Aos: Ulama Sufi dan Mursyid ke-38 TQN Suryalaya
Mengajarkan Kasih Sayang pada Orangtua Melalui Dongeng Malin Kundang
Menyambut Bulan Syaban: Tanggal Hijriah dan Doa Awal Bulan
Weekday Artinya? Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya
Cara Penulisan yang Tepat untuk Partikel “-pun” dalam Bahasa Indonesia

Berita Terkait

Senin, 11 Maret 2024 - 22:01 WITA

Peran Keluarga dalam Membangun Demokrasi yang Beradap

Kamis, 29 Februari 2024 - 23:05 WITA

Beyond Proklamasi: Kisah Heroik Perjuangan Bangsa Indonesia Mempertahankan Kemerdekaan

Selasa, 13 Februari 2024 - 22:16 WITA

Cara Mendaftar KIP Kuliah kuliah.kemdikbud.go.id Yang Benar

Senin, 12 Februari 2024 - 15:51 WITA

Siapa Abah Aos: Ulama Sufi dan Mursyid ke-38 TQN Suryalaya

Sabtu, 10 Februari 2024 - 21:39 WITA

Mengajarkan Kasih Sayang pada Orangtua Melalui Dongeng Malin Kundang

Sabtu, 10 Februari 2024 - 19:15 WITA

Menyambut Bulan Syaban: Tanggal Hijriah dan Doa Awal Bulan

Sabtu, 10 Februari 2024 - 09:46 WITA

Weekday Artinya? Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya

Sabtu, 10 Februari 2024 - 09:20 WITA

Cara Penulisan yang Tepat untuk Partikel “-pun” dalam Bahasa Indonesia

Berita Terbaru

Advertorial

Seperti Apa Kebahagiaan dan Cinta Itu?

Minggu, 2 Jun 2024 - 08:09 WITA