7 Cara Melembutkan Rambut Alami

Senin, 23 Mei 2022 - 11:00 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Talamus.id, – Rambut yang lembut dan juga mudah di atur itu adalah keinginan banyak orang, terutama untuk kalangan wanita. Cara melembutkan rambut sendiri sebenarnya cukup banyak, jadi rambut yang lembut itu tidak hanya bisa didapatkan dari salon saja. Sebenarnya ada beberapa langkah perawatan rambut yang bisa dilakukan sendiri hanya dari rumah saja lho.

Rambut yang lembut itu konon katanya merupakan salah satu ciri dari kondisi rambut yang terawat dan juga sehat lho. Dan yang terutama adalah dengan rambut yang lembut tersebut akan bisa membuat orang lebih percaya diri, karena itulah banyak orang yang menginginkannya. Dan untuk mendapatkan kondisi rambut yang seperti itu tidak selalu harus mahal, dan berikut ini kami akan jelaskan caranya.

Pilihan Cara Untuk Melembutkan Rambut

Jadi ada beberapa pilihan cara untuk supaya bisa melembutkan rambut yang memang merupakan cara yang alami. Cara alami tersebut memang merupakan cara yang bisa dibilang murah dan juga sangat simpel untuk bisa dilakukan sendiri di rumah. Dan berikut ini kami akan jelaskan beberapa tips melembutkan rambut secara sederhana dan juga alami yang bisa Anda terapkan di rumah saja.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

1. Memilih Sampo Yang Tepat

Langkah awal yang mungkin paling umum agar supaya bisa membuat rambut jadi lebih lembut itu adalah dengan sampo. Sampo itu memiliki pengaruh yang memang sangat besar untuk kesehatan rambut dan tentunya yang memang akan berpengaruh pada kelembutan rambut. Oleh karena itulah sampo yang tepat itu harus dipilih dengan benar agar supaya bisa mendapatkan rambut yang lembut.

Pemilihan sampo itu harus memperhatikan jenis rambut, karena itu memiliki pengaruh yang sangat besar untuk rambut. Cara melembutkan rambut adalah dengan memilih sampo yang tidak mengandung detergen yang terlalu besar dan memiliki kandungan dimethicone. Kandungan detergen ini memang bisa membersihkan kotoran dan minyak, namun bila terlalu banyak bisa merusak dan menyumbat pori.

2. Gunakan Kondisioner

Cara kedua adalah dengan mempergunakan kondisioner rambut setelah Anda melakukan keramas, lakukan secara merata ya. Dengan menggunakan kondisioner ini akan bisa melembutkan rambut dan mengurangi munculnya rambut bercabang akibat cuaca panas. Untuk menggunakan kondisioner ini sendiri Anda harus diamkan beberapa menit agar supaya menyerap sampai ke batang rambut dan kemudian melembutkan tiap helainya.

3. Perhatikan Frekuensi Keramas

Cara yang ketiga adalah Anda perlu memperhatikan juga soal frekuensi keramas, karena ini juga mempengaruhi kelembutan rambut. Keramas memang bisa membantu menghilangkan minyak berlebih dari rambut, namun kalau terlalu sering bisa membuat rambut kusam dan rapuh. Sampo sendiri akan bisa menghilangkan minyak alami dari rambut yang mungkin malah membuat rambut jadi kering dan rusak.

Untuk jenis rambut yang normal itu memang disarankan untuk melakukan keramas sekitar 2 hari sekali saja. Sementara untuk jenis rambut yang lepek dan berminyak, disarankan untuk keramas minimal 1 hari sekali atau maksimal 2 hari sekali. Sebenarnya untuk intensitas keramas sendiri bisa ditentukan dari beberapa faktor seperti kondisi cuaca, aktivitas yang dilakukan, dan paparan polusi.

4. Gunakan Minyak Nabati

Cara berikutnya yang juga bisa membantu Anda mendapatkan rambut yang lebih lembut adalah dengan mengoleskan minyak nabati. Minyak nabati seperti minyak zaitun dan juga minyak kelapa itu akan bisa sangat membantu Anda mendapatkan rambut yang lembut. Untuk penggunaannya sendiri sebenarnya cukup simpel dan juga mudah, Anda hanya perlu oleskan ke rambut sebagai cara melembutkan rambut.

Pastikan Anda mengoleskan secara merata dan juga lakukan pijatan di rambut, supaya minyak masuk sampai kulit kepala. Diamkan kondisi tersebut semalaman atau paling tidak diamkan selama minimal 30 menit baru kemudian Anda keramas. Lakukan pengolesan minyak nabati ini paling tidak rutin selama 1 minggu.

5. Mempergunakan Masker Rambut

Cara berikutnya yang bisa dibilang sebagai salah satu cara yang efektif juga dalam melembutkan rambut adalah masker rambut. Anda bisa mempergunakan masker rambut untuk bisa melembutkan rambut, dan pilih masker dengan kandungan keratin, provitamin B5 dan asam amino. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menyehatkan rambut Anda.

Penggunaan masker rambut sendiri memang sudah banyak pilihannya sekarang ini, dan Anda pun bisa membuat masker rambut sendiri. Anda bisa membuat dengan 1 buah alpukat, 2 sendok lidah buaya usahakan gel, dan tambahkan minyak kelapa ukuran 1 sendok makan. Anda bisa oleskan masker rambut secara merata dan kemudian bungkus rambut Anda itu dengan handuk yang sudah dihangatkan.

Setelah itu Anda diamkan minimal 20 menit, lebih bagus lagi kalau Anda diamkan lebih dari 20 menit ya. Setelah itu Anda bisa bilas dengan air hangat.

6. Batasi Dalam Memakai Pengering, Pelurus, Dan Pewarna

Salah satu penyebab yang membuat rambut terlihat kering, kusam, bahkan rapuh itu adalah terlalu banyak menggunakan pengering atau pelurus rambut. Karena semua alat tersebut pada dasarnya mempergunakan udara panas yang akan dipaparkan ke rambut Anda dan bisa membuat kerusakan rambut. Jadi sebaiknya Anda batasi pemakaian pengering dan pelurus atau pengeriting rambut sebagai cara melembutkan rambut.

Terkadang orang pun mempergunakan pewarna rambut, karena memang beberapa orang menggunakan pewarna untuk mengubah penampilan. Namun pewarna rambut itu terkadang mengandung bahan kimia yang juga bisa membuat rambut itu jadi rusak dan juga kering. Oleh karena itulah Anda perlu sekali untuk membatasi penggunaan pewarna rambut juga untuk menjaga rambut tetap sehat.

7. Konsumsi Makanan Yang Bergizi

Cara yang terakhir yang juga cukup bisa membantu dalam membuat rambut lebih lembut itu adalah soal asupan makanan. Anda perlu mengonsumsi makanan yang memiliki nutrisi yang baik untuk rambut Anda seperti kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan juga ikan. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan bisa merawat rambut Anda dari luar dan juga dari dalam tubuh Anda.

Kesimpulan

Jadi mendapatkan rambut yang lembut itu memang tidak harus mahal atau melakukan perawatan di salon ya. Akan tetapi dengan beberapa cara melembutkan rambut di atas Anda bisa mendapatkan rambut yang lembut. Namun memang Anda harus lakukan secara rutin dan juga konsisten.

Berita Terkait

Mengatasi Gatal-Gatal pada Penderita Diabetes
9 Cara Memilih Sayuran Yang Segar Dan Sehat
Air Minum Di Gelas Tidak Ditutup Lama, Sebaiknya Jangan Diminum
8 Kiat Jalan Kaki Yang Mampu Menurunkan Berat Tubuh Dengan Segera
7 Pencegahan Kanker Serviks Yang Wajib Diketahui
Bolehkah Balita Makan Durian?
11 Manfaat Pijat Bayi Yang Wajib Diketahui Orang Tua
10 Bahaya Patah Hati Bagi Kesehatan Cara Cepat Move On!

Berita Terkait

Kamis, 1 Februari 2024 - 07:32 WITA

Mengatasi Gatal-Gatal pada Penderita Diabetes

Senin, 22 Januari 2024 - 20:43 WITA

9 Cara Memilih Sayuran Yang Segar Dan Sehat

Senin, 22 Januari 2024 - 09:56 WITA

Air Minum Di Gelas Tidak Ditutup Lama, Sebaiknya Jangan Diminum

Minggu, 21 Januari 2024 - 21:24 WITA

8 Kiat Jalan Kaki Yang Mampu Menurunkan Berat Tubuh Dengan Segera

Minggu, 21 Januari 2024 - 10:46 WITA

7 Pencegahan Kanker Serviks Yang Wajib Diketahui

Sabtu, 20 Januari 2024 - 21:13 WITA

Bolehkah Balita Makan Durian?

Jumat, 19 Januari 2024 - 23:31 WITA

11 Manfaat Pijat Bayi Yang Wajib Diketahui Orang Tua

Jumat, 19 Januari 2024 - 17:02 WITA

10 Bahaya Patah Hati Bagi Kesehatan Cara Cepat Move On!

Berita Terbaru

Teknologi

Nubia Red Magic 9 Pro: Raja Baru Smartphone Gaming

Senin, 26 Feb 2024 - 14:51 WITA

Hiburan

Profil Dan Biodata Anggota Tws, Boyband Dari Pledis

Senin, 26 Feb 2024 - 14:40 WITA