Tidak Hanya Nikita Willy, Kamu juga bisa belajar Metode BLW pada Anak yang Sudah MPASI

Selasa, 7 Februari 2023 - 14:28 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menyediakan makan untuk anak-anak memang menjadi hal yang sulit bagi para orang tua. Terlebih lagi jika anak sudah mulai mengenal MPASI dan memiliki selera makan yang beragam. Namun, ada sebuah metode baru yang bisa membantu para orang tua dalam memberikan makan yang sehat dan bergizi bagi anak-anak mereka, yaitu metode BLW (Baby Led Weaning).

Metode BLW mempercayakan pada anak untuk menentukan porsi dan jenis makanan yang ingin dia makan. Cara kerjanya adalah dengan memberikan makanan dalam bentuk potongan-potongan kecil dan membiarkan anak memegang, memilih, dan memakan sendiri makanan tersebut. Dengan demikian, anak akan belajar mengendalikan asupan makanannya sendiri dan membentuk selera makan yang sehat.

Berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan metode BLW pada anak yang sudah MPASI:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

1. Berikan pilihan makanan yang bervariasi

Para orang tua harus memberikan pilihan makanan yang bervariasi agar anak dapat mengenal berbagai jenis makanan dan membentuk selera makan yang sehat. Misalnya, berikan sayur-sayuran, buah-buahan, daging, ikan, dan bahan-bahan lain yang sehat.

2. Biarkan anak memegang dan memakan sendiri makanan

Ketika makan, biarkan anak memegang dan memakan sendiri makanannya. Ini akan membantu anak untuk membentuk keterampilan motorik halus dan membuat mereka merasa lebih percaya diri dan terlibat dalam proses makan.

3. Jangan terlalu khawatir dengan kebersihan

Meskipun anak akan memegang dan memakan makanan dengan tangan mereka, jangan terlalu khawatir dengan kebersihan. Anak-anak cenderung lebih higienis daripada kita kira dan mereka akan belajar membuang sisa makanannya sendiri.

4. Jangan memaksa anak untuk makan

Jangan memaksa anak untuk makan lebih banyak atau mencoba makanan baru. Anak harus diberi kebebasan untuk memilih dan memakan makanan sesuai dengan selera mereka sendiri.

5. Sediakan waktu makan yang rileks

Sedi

kan waktu makan yang rileks dan tenang agar anak dapat fokus pada makanannya. Jangan terlalu terburu-buru atau terlalu sibuk saat makan bersama anak, karena ini bisa membuat anak merasa tidak nyaman dan tidak fokus pada makanannya.

6. Latihlah anak untuk makan sendiri

Latihlah anak untuk makan sendiri dengan membiarkan mereka memegang sendok atau garpu. Ini akan membantu mereka untuk membentuk keterampilan motorik halus dan membuat mereka lebih percaya diri saat makan.

7. Jangan terlalu khawatir dengan jumlah makan

Jangan terlalu khawatir dengan jumlah makan anak, karena anak akan memakan sesuai dengan kebutuhan tubuh mereka sendiri. Fokuslah pada memberikan pilihan makan yang bervariasi dan sehat agar anak dapat membentuk selera makan yang sehat.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, para orang tua dapat membantu anak mereka untuk membentuk selera makan yang sehat dan memastikan bahwa mereka makan makanan yang bergizi dan seimbang.

Dengan menggunakan metode BLW, anak akan memiliki kesempatan untuk menentukan porsi dan jenis makanannya sendiri, sehingga mereka dapat membentuk selera makan yang sehat dan memastikan bahwa mereka makan makanan yang bergizi dan seimbang.

Berita Terkait

Jangan Abai ! ini dia 5 Ciri Anak Intoleransi Laktosa & Alergi Susu Sapi
Hitung Usia Kehamilan dari HPHT: Panduan Lengkap
Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Akurat dan Efektif
7 Gaya Belajar Anak dan Cara Menguasainya

Berita Terkait

Senin, 31 Juli 2023 - 14:56 WITA

Jangan Abai ! ini dia 5 Ciri Anak Intoleransi Laktosa & Alergi Susu Sapi

Jumat, 10 Februari 2023 - 00:28 WITA

Hitung Usia Kehamilan dari HPHT: Panduan Lengkap

Jumat, 10 Februari 2023 - 00:21 WITA

Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Akurat dan Efektif

Selasa, 7 Februari 2023 - 14:28 WITA

Tidak Hanya Nikita Willy, Kamu juga bisa belajar Metode BLW pada Anak yang Sudah MPASI

Selasa, 7 Februari 2023 - 03:11 WITA

7 Gaya Belajar Anak dan Cara Menguasainya

Berita Terbaru

Berita

Genap Enam Tahun, Sdit Ash Shaff Lepas Alumni Pertama

Sabtu, 15 Jun 2024 - 21:23 WITA

Advertorial

Seperti Apa Kebahagiaan dan Cinta Itu?

Minggu, 2 Jun 2024 - 08:09 WITA