Balai TN Bantimurung Bulusaraung Bersama FFI’s IP Sulawesi Turunkan Tim Gabungan Tanggap Darurat di Sekitar Kawasan Konservasi

Sabtu, 31 Desember 2022 - 15:22 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Talamus.id, Maros – Guyuran hujan diprediksi masih akan terus berlangsung di Provinsi Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Maros hingga beberapa beberapa hari kemudian.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Maros melalui laman resminya merilis prediksi cuaca dan iklim sepanjang tahun 2022 serta menghimbau masyarakat agar upaya mitigasi dan antisipasi terhadap bencana hidrometeorologi ditingkatkan terutama jelang tutup tahun 2022 yang diprediksi curah hujan mencapai lebih dari 2500 mm, Jumat, (30/12/2022).

Diketahui dua minggu terakhir, di Kabupaten Maros-Pangkep telah diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi dan telah merendam beberapa Desa termasuk yang berada di area penyangga TN Bantimurung Bulusaraung dan area indikatif KEE Karst Maros Pangkep. Tak hanya banjir, bencana angin puting beliung, tanah longsor dan banyaknya pohon tumbang telah menimbulkan kerugian materil hingga korban jiwa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Plh. Balai TN Bantimurung Bulusaraung Muh. Nur Hidayat mengatakan Balai TN Babul setidaknya hingga saat ini telah menurunkan personil sebanyak 25 orang yang tersebar di beberapa titik area terjadinya bencana, salah satunya di Desa Rompegading, Kecamatan Cenrana.

“Kami sudah turunkan personil sebanyak 25 orang dari tim Manggala Agni termasuk yang turun dalam proses evakuasi korban tanah longsor yang terjadi di Desa Rompegading,” ujarnya

Nur Hidayat menambahkan bahwa tim dari personil Balai TN Bantimurung Bulusaraung telah berkoordinasi dengan beberapa potensi SAR yang ada di Kabupaten Maros termasuk dengan kelompok masyarakat binaan.

“Saat ini langkah tanggap darurat telah kami upayakan secara kolaboratif dengan berkoordinasi bersama sejumlah potensi SAR termasuk beberapa mitra kerjasama kami,” tuturnya.

“Sekiranya apa yang dilakukan juga dapat mengurangi tingkat resiko bencana yang ada dengan tetap menghimbau seluruh pihak untuk tingkatkan kesiapsiagaan, khususnya warga yang berada di Desa-Desa penyangga Kawasan Taman Nasional,” tambahnya

Dikonfirmasi terpisah, salah satu mitra kerjasama Balai TN Babul, FFI melalui Project Manager FFI’s IP Sulawesi Fardi Ali juga memfasilitasi beberapa personil yang tergabung dalam tim Siaga Bencana FFI’s IP Sulawesi – KLHK yang beranggotakan kelompok masyarakat Desa penyangga untuk memberikan dukungan sumberdaya dalam rangka penguatan posko gabungan tim siaga bencana daerah

Fardi menambahkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap pentingnya upaya mitigasi bencana menjadi sangat diperlukan ke depan sehingga kesiapsiagaan dapat terbangun sejak dini dan aksi kolektivitas dalam tindakan tanggap darurat dapat terjadi.

“Kami berusaha ikut berkontribusi menyikapi situasi ini setidaknya dengan memfasilitasi tim Siaga Bencana yang beranggotakan masyarakat di Desa penyangga. Kami berharap melalui tim siaga ini dapat membantu penjangkauan para penyintas yang terdampak bencana serta pelingkupan informasi terkini khususnya di sekitar kawasan konservasi,” tutupnya.

Berita Terkait

“Meritokrasi Is Utopsi”
Cara Masak Sarden Simple dan Lezat
Cara Aktivasi Akun Siakba kpu go id
Utara Makassar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran
Waduk Nipa-nipa Berstatus Waspada! Warga Makassar Siaga Banjir
Ketahui Cara Melapor Konten Negatif ke Kemenkominfo
Susut Karena Tergosok 3 Huruf
Cut cut Wallpaper

Berita Terkait

Kamis, 14 Maret 2024 - 07:08 WITA

“Meritokrasi Is Utopsi”

Rabu, 7 Februari 2024 - 12:16 WITA

Cara Masak Sarden Simple dan Lezat

Rabu, 7 Februari 2024 - 07:31 WITA

Cara Aktivasi Akun Siakba kpu go id

Selasa, 30 Januari 2024 - 10:12 WITA

Utara Makassar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Jumat, 26 Januari 2024 - 18:20 WITA

Waduk Nipa-nipa Berstatus Waspada! Warga Makassar Siaga Banjir

Jumat, 12 Januari 2024 - 06:18 WITA

Ketahui Cara Melapor Konten Negatif ke Kemenkominfo

Kamis, 4 Januari 2024 - 11:48 WITA

Susut Karena Tergosok 3 Huruf

Senin, 1 Januari 2024 - 12:10 WITA

Cut cut Wallpaper

Berita Terbaru

Advertorial

Seperti Apa Kebahagiaan dan Cinta Itu?

Minggu, 2 Jun 2024 - 08:09 WITA