Buras Jadi Penganan Khas Lebaran Idul Adha 1443 Hijriah di Bone

Sabtu, 9 Juli 2022 - 14:34 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Talamus.id, – Masyarakat Indonesia menyambut Idul Adha khususnya di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan dengan makanan khas yang selalu disajikan setiap hari lebaran.

Meski lebaran Idul adha tahun ini terdapat perbedaan hari berlebaran. Diketahui bahwa Muhammadiyah memutuskan hari raya kurban jatuh pada hari Sabtu 9 Juli 2022 sedangan pemerintah lewat kementrian agama setelah melakukan isbat diagendakan Minggu 10 Juli 2022.

Beberapa makanan khas yang dibuat untuk disajikan kepada tamu (bugis : passiara) setelah shalat lebaran haji seperti Buras, kampalo, lemmang, tumbu-tumbu dan bajabu tentunya. Selain itu, jika berkunjung pada Hari H lebaran kurban, maka pada umumnya nasu likku, ikan goreng, bakso, soup dan juga sate jadi pelengkap bagi tetamu tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lain daripada itu, tidak lupa pula kue kering, kacang telur, tape dan minuman pelengkap lain seperti sirup dan sebagainya.

Khusus untuk buras atau burasa ini tidak hanya disajikan ketika hari lebaran, akan tetapi acapkali dibuat bekal perjalanan bagi keluarga yang akan bepergian atau merantau keluar kota maupun ke negeri seberang.

Ketika ditelisik lebih jauh buras ini hampir mirip dengan kue khas Suku Jawa yang dikenal dengan Lemper, yang membedakannya hanya dari bahan utamanya saja. Buras dengan bahan dasar beras pilihan sedangkan lemper terdiri dari pisang, ketan dan ubi. Namun kemiripan keduanya hanya dibungkus daun pisang.

Tidak ada literatur khusus yang mengulas awal sejarah makanan khas orang Bugis Makassar tersebut, meski begitu panganan ini tetap eksis dan dijaga turun temurun

Jika ingin membuat buras maka ada beberapa langkah yang mesti diperhatikan seperti menyiapkan beras, kelapa, daun salam, daun pisang dan juga tali rafia atau tali dari karung sebagai pengikat. Daun pisang yang diambil di kebun terlebih dahulu di jemur dibawah terik matahari agar supaya sedikit lentur.

Hal pertama dan utama sediakan bahan pastinya seperti beras sesuai keinginan, santan, daun salam dan garam seperlunya. Cuci bersih beras tersebut lalu masak setengah matang atau sampai lembek. Masaklah santan bersama daun salam dan garam secukupnya sampai mendidih.

Setelah itu, tuangkan beras setengah matang tadi ke dalam santan hingga meresap lalu angkat dan tunggu sampai dingin. Siapkan daun pisang yang lebarnya sudah disesuaikan. Ambil adonan sekitar dua sampai tiga sendok makan kemudian bungkus berbentuk persegi panjang. Ikatlah dua, tiga sampai empat atau sesuaikan saja menjadi satu selanjutnya ikat dengan tali yang tersedia.

Perkirakan jumlah ikatannya agar kuat dan tidak terbongkar ketika dimasak kembali. Setelah selesai semua proses tersebut kemudian direbus hingga matang. Pada umumnya buras direbus dari malam hari hingga dinihari.

Buras pada pada intinya sebangsa dengan ketupat dan juga lontong. Ketika disantap bersama sanak keluarga tidak lengkap rasanya tanpa ayam goreng, kari ayam, telur, daging sapi atau kuda serta dengan bajabu atau abon khas bugis makassar dengan bahan dasar kelapa bercampur ikan.

Selamat berlebaran haji 9 dan 10 Juli 2022 dengan meneladani sikap sabar dan ikhlas dalam menghadapi cobaan Allah swt seperti yang dicontohkan nabi Ismail dan Ibrahim as. Yuk saling menghargai dan menghormati atas segala perbedaan yang ada. Perbedaan bukan untuk saling menjatuhkan dan terjerumus dalam buaian adu domba!

Berita Terkait

“Meritokrasi Is Utopsi”
Cara Masak Sarden Simple dan Lezat
Cara Aktivasi Akun Siakba kpu go id
Utara Makassar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran
Waduk Nipa-nipa Berstatus Waspada! Warga Makassar Siaga Banjir
Ketahui Cara Melapor Konten Negatif ke Kemenkominfo
Susut Karena Tergosok 3 Huruf
Cut cut Wallpaper

Berita Terkait

Kamis, 14 Maret 2024 - 07:08 WITA

“Meritokrasi Is Utopsi”

Rabu, 7 Februari 2024 - 12:16 WITA

Cara Masak Sarden Simple dan Lezat

Rabu, 7 Februari 2024 - 07:31 WITA

Cara Aktivasi Akun Siakba kpu go id

Selasa, 30 Januari 2024 - 10:12 WITA

Utara Makassar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Jumat, 26 Januari 2024 - 18:20 WITA

Waduk Nipa-nipa Berstatus Waspada! Warga Makassar Siaga Banjir

Jumat, 12 Januari 2024 - 06:18 WITA

Ketahui Cara Melapor Konten Negatif ke Kemenkominfo

Kamis, 4 Januari 2024 - 11:48 WITA

Susut Karena Tergosok 3 Huruf

Senin, 1 Januari 2024 - 12:10 WITA

Cut cut Wallpaper

Berita Terbaru

Humaniora

KERAJAAN CALCA DIUJUNG TANDUK

Kamis, 14 Mar 2024 - 07:16 WITA

Terkini

“Meritokrasi Is Utopsi”

Kamis, 14 Mar 2024 - 07:08 WITA