Sandiaga Uno Ajak RAMAH Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pariwisata Halal

Kamis, 7 Juli 2022 - 00:23 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Talamus.id, – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengajak Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP Pusat) untuk berkolaborasi mengembagkan pariwisata halal di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan saat bertindak sebagai keynote speaker di acara Webinar dan Launching Relawan Muda Pariwisata Halal (RAMAH) Indonesia, Selasa malam (05/07/2022).

Saat ini Indonesia menempati posisi kedua pariwisata halal. Pemerintah terus menggalang dukungan agar wisata halal agar semakin terdepan dan menjadi nomor satu di dunia sebab Indonesia mayoritas Muslim.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Wisaya halal bukan berarti mensyariahkan tempat wisata tersebut, akan tetapi menyediakan seperangkat fasilitas untuk kenyamanan berwisata sesuai dengan nilai ketimuran.

“Wisata halal setidaknya halal dalam pemenuhan kebutuhan, kenyamanan dan rasa kekeluargaan serta menarik bagi muslim maupun diluar muslim,” ujar Sandi.

Sandiaga Uno juga memberikan apresiasi atas dilaunchingnya RAMAH Indonesia.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada KAMMI khususnya bidang pariwisata dan mengajak untuk berkolaborasi demi kemajuan wisata halal di Indonesia. Ayo Dukung Pariwisata Halal Indonesia,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP KAMMI 2021-2023 Zaky Ahmad Riva’i dalam sambutannya mengatakan Indonesia memiliki banyak potensi wisata dari Sabang sampai Merauke.

“Potensi wisata tersebut mesti dijadikan peluang untuk kemanfaataan bagi masyarakat dan bukan malah merusaknya,” ujar Zaky.

Selain itu, KAMMI memiliki value untuk diterapkan dalam kehidupan dalam membantu program-program pemerintah khususnya wisata halal, KAMMI bisa mengintergrasikan nilai keislaman untuk menyediakan wisata halal bagi wisatawan.

“Wisata halal bukan berarti identik dengan Islam, akan tetapi penerapan halalan tayyiban yang berarti halal lagi baik di lokasi wisata. Wisata Indonesia ke depannya bukan hanya instragmable, namun memberikan kenyamanan, keamanan serta masyarakat setempat merasakan manfaat dengan adanya wisata tersebut. Dengan hadirnya sebuah wisata bukan hanya untuk manusia juga demi kelestarian alam,” tegasnya.

Sedangkan Ketua PP KAMMI bidang Parekraf, Muhammad Ridwan mengungkapkan periode kepengurusan PP saat ini akan terus mengawal beragam isu salah satunya pariwisata halal.

“Dengan melakukan sinergitas kepada kementrian terkait dapat membawa dampak bagi khususnya kader Kammi maupun masyarakat,” ungkapnya.

Kader di seluruh Indonesia bisa aktif di bidang pariwisata khususnya jadi relawan wisata halal. Ramah tidak hanya di gaungkan secara nasional, namun bisa launching di tiap-tiap propinsi.

“Pengurus ramah agar menjalin komunikasi dan bersilaturahmi dengan dinas pariwisata propinsi maupun kabupaten. Ramah Indonesia mesti jadi fasilisator untuk pengembangan wisata halal di daerah dengan cara membuat konten, promosi dan lainnya,” sarannya.

Ketua Umum RAMAH Indonesia, Odang mengungkapkan bahwa acara launching ramah adalah acara pertama ramah di Indonesia diantara banyak program yang akan dihelat.

“Pengurusan ramah telah terbentuk di beberapa wilayah, namun Maluku dan papua masih gabung,” kabarnya.

Odang menegaskan Ramah Indonesia akan turut serta memberikan kontribusi wisata di Indonesia.

“Pada dasarnya wisata halal sederhananya bukan mensyariahkan wisata, namun ada jaminan agar orang muslim mendapatkan haknya seperti tempat ibadah yang layak, makanan halal dan sebagainya. Olehnya itu, peran relawan ini agar mendorong tempat wisata menyediakan tempat ibadah serta hal yang berkaitan dengan kehalalan itu sendiri,” tegasnya.

Salah satu pengusaha yang telah bergelut dalam pariwisata halal ini, Rainizar S. Ananda berbagai banyak hal kepada peserta zoominar.

Sebagai muslim semua hal harus halal lagi baik bukan hanya wisata, akan tetapi semua yang berkaitan baik itu makanan dan sebagainya.

“Indonesia memiliki tempat wisata di urutan ke-9 dunia dan potensi wisatawannya juga besar. Kebutuhan pariwisata halal bukan hanya bagi muslim, tetapi masyarakat pada umumnya,” tutur alumni Magister Manajemen UNJ tersebut.

Kesadaran wisata halal telah berkembang pesat yang bukan hanya di butuhkan oleh muslim, tapi juga diluar muslim.

“Wisata halal harus didukung dengan toilet, tidak ada unsur pornoaksi, kesyirikan, dan sertifikasi makanan halal serta penginapan. Namun realitas wisata hari ini ketersediaan fasilitas toilet basah, tempat wudhu bercampur lawan jenis, tempat ibadah tidak layak, makanan halal sulit didapatkan utamanya di daerah minoritas,” infonya.

Direktur PT Buana Wisata ini juga mengharapkan Ramah Indonesia bukan hanya berkutat dalam tataran retorika semata tetapi mampu menerapkan contoh wisata halal itu di daerahnya.

“Dengan adanya komunitas ramah tidak hanya pada tataran diskusi, tetapi tataran aplikasi pada suatu tempat yang mencerminkan wisata yang halal, selain itu relawan kelak bisa menjadi konsultan pariwisata halal sehingga akan tumbuh wisata halal dimana-mana seperti restoran halal, hotel syariah dan sebagainya,” sarannya.

Launching diikuti sebanyak 115 peserta zoominar yang sebagian besar relawan RAMAH dari Sabang sampai Merauke.

Adapun tema yang diangkat yaitu Mengoptimalkan Peran Mahasiswa dan Pemuda Dalam Merawat, Menjaga dan Mempromosikan Pariwisata Halal di Indonesia.

Agenda besar PP KAMMI Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di momentum yang tepat nantinya yakni mengadakan pertemuan relawan muda pariwisata tingkat Asia Tenggara dan RAMAH akan jadi event organizernya.

Penulis: Syarif Kate

Berita Terkait

Cara Masak Sarden Simple dan Lezat
Cara Aktivasi Akun Siakba kpu go id
Utara Makassar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran
Waduk Nipa-nipa Berstatus Waspada! Warga Makassar Siaga Banjir
Ketahui Cara Melapor Konten Negatif ke Kemenkominfo
Susut Karena Tergosok 3 Huruf
Cut cut Wallpaper
Kabar Bahagia! Pj Bupati Takalar Pastikan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 4 Cair Pekan ini

Berita Terkait

Rabu, 7 Februari 2024 - 12:16 WITA

Cara Masak Sarden Simple dan Lezat

Rabu, 7 Februari 2024 - 07:31 WITA

Cara Aktivasi Akun Siakba kpu go id

Selasa, 30 Januari 2024 - 10:12 WITA

Utara Makassar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Jumat, 26 Januari 2024 - 18:20 WITA

Waduk Nipa-nipa Berstatus Waspada! Warga Makassar Siaga Banjir

Jumat, 12 Januari 2024 - 06:18 WITA

Ketahui Cara Melapor Konten Negatif ke Kemenkominfo

Kamis, 4 Januari 2024 - 11:48 WITA

Susut Karena Tergosok 3 Huruf

Senin, 1 Januari 2024 - 12:10 WITA

Cut cut Wallpaper

Rabu, 20 Desember 2023 - 20:16 WITA

Kabar Bahagia! Pj Bupati Takalar Pastikan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 4 Cair Pekan ini

Berita Terbaru

Teknologi

Nubia Red Magic 9 Pro: Raja Baru Smartphone Gaming

Senin, 26 Feb 2024 - 14:51 WITA

Hiburan

Profil Dan Biodata Anggota Tws, Boyband Dari Pledis

Senin, 26 Feb 2024 - 14:40 WITA