Tagar Jumat Berkah Trending di Hari Jumat, Inilah Sunnah Jumatan

Jumat, 1 Juli 2022 - 05:13 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Talamus.id, – Bagi umat Islam hari Jumat merupakan hari raya selain Idul Fitri dan Idul Adha yang didalamnya terdapat berkah.

Beberapa sunnah Nabi Muhammad Saw yang telah dicontohkan pun untuk dapat diamalkan. Diantaranya mandi sebelum berangkat ke masjid, duduk di shaf paling depan, memakai wangi-wangian, mencukur kumis, memotong kuku dan membaca surah alkahfi.

Hari jumat adalah hari yang memiliki banyak keutamaan dan penuh keberkahan. Pada setiap hari Jumat, kaum muslimin segala penjuru dunia berlomba-lomba dalam kebaikan, seperti melaksanakan salat, salawat, mengaji, dzikir, memperbanyak doa hingga menebar makanan kepada yang membutuhkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebagian orang mempercayai jika hari Jumat merupakan hari baik untuk melakukan kebaikan. Jumat berkah tidak lagi sebatas istilah, namun diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan merajut silaturahmi antar sesama manusia.

Di media sosial pun hastag jumat berkah #jumatberkah menduduki trending topik terutama di twitter. Berbagai cuitan motivasi mengalir dari warganet Indonesia.

Politisi PKS, Salim Segaf al Jufri mengajak kepada umat Islam untuk mendoakan orang tua, guru dan generasi pendahulu di hari penuh keberkahan ini.

“Setelah bersyukur kpd Allah Ta’ala & shalawat kpd Nabi Saw. Mari kita berdoa utk Orangtua, Guru & generasi pendahulu. Ya Allah ampunilah dosa-dosa ayah dan bunda kami. Serta angkatlah derajat mereka ke surga firdaus yg paling tinggi,” tulis diakun twitternya @salimsegaf pada Jumat 22 Juni 2022.

Akun @Rintik_2 mencuitkan pula jika kamu merasa tinggi. Periksalah batinmu. Mungkin dia sedang melayang kehilangan pijakan. Jika engkau merasa wangi, periksalah ikhlasmu, mungkin itu asap dari amal shalihmu yang hangus terbakar riya.

Sementara itu pemilik akun @ArieMutyara tanda seorang hamba kepada Allah, Nabi Muhammad, sesama manusia dan juga kepada diri sendiri.

“Tanda cinta kpd Allah: tahajud di sepertiga malam, lanjut ngaji al kahfi. Tanda cinta kpd Rasulullah: sering sholawat di hari jumat. Tanda cinta kpd sesama: banyak sedekah di hari jumat. Tanda cinta kpd diri sendiri: sholat sunnah dua rakaat sebelum subuh,” cuitnya.

Berbagilah walau meski lewat cuitan sebab kita tidak tahu kebaikan mana saja yang bisa mengantarkan kepada keridhaan Sang Maha Pencipta Segala Kehidupan ini. []

Penulis: Syarif Kate

Berita Terkait

“Meritokrasi Is Utopsi”
Cara Masak Sarden Simple dan Lezat
Cara Aktivasi Akun Siakba kpu go id
Utara Makassar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran
Waduk Nipa-nipa Berstatus Waspada! Warga Makassar Siaga Banjir
Ketahui Cara Melapor Konten Negatif ke Kemenkominfo
Susut Karena Tergosok 3 Huruf
Cut cut Wallpaper

Berita Terkait

Kamis, 14 Maret 2024 - 07:08 WITA

“Meritokrasi Is Utopsi”

Rabu, 7 Februari 2024 - 12:16 WITA

Cara Masak Sarden Simple dan Lezat

Rabu, 7 Februari 2024 - 07:31 WITA

Cara Aktivasi Akun Siakba kpu go id

Selasa, 30 Januari 2024 - 10:12 WITA

Utara Makassar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Jumat, 26 Januari 2024 - 18:20 WITA

Waduk Nipa-nipa Berstatus Waspada! Warga Makassar Siaga Banjir

Jumat, 12 Januari 2024 - 06:18 WITA

Ketahui Cara Melapor Konten Negatif ke Kemenkominfo

Kamis, 4 Januari 2024 - 11:48 WITA

Susut Karena Tergosok 3 Huruf

Senin, 1 Januari 2024 - 12:10 WITA

Cut cut Wallpaper

Berita Terbaru

Advertorial

Seperti Apa Kebahagiaan dan Cinta Itu?

Minggu, 2 Jun 2024 - 08:09 WITA