Animo Masyarakat Majene Membludak Ikuti Launching Gerakan Karantina Sampah Plastik

Sabtu, 5 Februari 2022 - 22:31 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Talamus.id, Majene – Per tangggal 5 Februari 2022 telah dilaksanakan launching gerakan karantina sampah plastik di Lingkungan Galung Barat, Kelurahan Galung, Kec. Banggae, Kab. Majene yang dihadiri langsung oleh Istri Bupati Majene, Hj Najmah Bachit Fatta sekaligus Ketua Penggerak PKK Kab. Majene.

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Mahasiswa Praktek Belajar Lapangan (PBL) Stikes Bina Bangsa Majene dan Mahasiswa KKN Unsulbar yang bekerja sama dengan Kepala lingkungan Galung Barat.

“Ini adalah proses Intervensi sebagai kelanjutan dari hasil pendataan kami yang dilaksanakan kurang lebih 6 bulan yang lalu, dari hasil pendataan tersebut didapati masalah kesehatan yang masih mencapai cukup tinggi, seperti pemanfaatan lahan kosong di rumah warga, masalah pembuangan sampah sembarangan dan SPAL,” ujar Algifari salah satu mahasiswa Stikes BBM yang sedang PBL.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Dalam kegiatan ini, kami menggalakkan pendaur ulangan sampah dengan metode Ecobrik yaitu memasukkan sampah plastik ke dalam botol dengan cara dipadatkan, lalu dibuat kerajinan berupa kursi, meja bunga dan lainnya berbahan dasar plastik,” lanjutnya.

Sebagaimana sampah adalah permasalahan yang sangat urgen dan menjadi isu nasional dan isu global maka program penangangan sampah sangat didukung oleh pemerintah dan warga setempat.

“Ini merupakan bentuk kekhawatiran dan kerisauan melihat dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh pembuangan sampah secara sembarangan, efeknya mampu mempengaruhi tingkat kesehatan di lingkungan galung barat ini. Maka dari itu saya sebagai pemerintah lingkungan sangat mendukung gerakan penanganan sampah plastik di daerah kami ini,” ujar Saleh kepala Lingkungan Galung Barat.

“Pengolahan sampah menjadi suatu kreasi tidak hanya berpengaruh pada tingkat kesehatan lingkungan, namun hasil kreasi yang dibuat dari sampah plastik mampu menambah mata pencaharian masyarakat setempat karena bernilai jual yang tinggi,” sambungnya.

Istri Bupati Majene Hj Najmah Bachit Fatta menambahkan, kegiatan seperti ini patut dicontoh karena sangat erat kaitannya dengan salah satu permasalahan di Kab. Majene yaitu membuang sampah secara sembarangan dimana berefek pada pencemaran lingkungan, merusak biota laut dan berbagai masalah yang lain.

“Patut diacungi jempol untuk Mahasiswa yang bekerja sama dengan pemerintah lingkungan dengan menjadi sebab dari gerakan penggalakkan yang sangat bersifat positif. Harapan saya semoga dengan ini mampu berkelanjutan dan menjadi percontohan oleh daerah yang lain yang ada di Majene,” tutupnya. []

Berita Terkait

“Meritokrasi Is Utopsi”
Cara Masak Sarden Simple dan Lezat
Cara Aktivasi Akun Siakba kpu go id
Utara Makassar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran
Waduk Nipa-nipa Berstatus Waspada! Warga Makassar Siaga Banjir
Ketahui Cara Melapor Konten Negatif ke Kemenkominfo
Susut Karena Tergosok 3 Huruf
Cut cut Wallpaper

Berita Terkait

Kamis, 14 Maret 2024 - 07:08 WITA

“Meritokrasi Is Utopsi”

Rabu, 7 Februari 2024 - 12:16 WITA

Cara Masak Sarden Simple dan Lezat

Rabu, 7 Februari 2024 - 07:31 WITA

Cara Aktivasi Akun Siakba kpu go id

Selasa, 30 Januari 2024 - 10:12 WITA

Utara Makassar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Jumat, 26 Januari 2024 - 18:20 WITA

Waduk Nipa-nipa Berstatus Waspada! Warga Makassar Siaga Banjir

Jumat, 12 Januari 2024 - 06:18 WITA

Ketahui Cara Melapor Konten Negatif ke Kemenkominfo

Kamis, 4 Januari 2024 - 11:48 WITA

Susut Karena Tergosok 3 Huruf

Senin, 1 Januari 2024 - 12:10 WITA

Cut cut Wallpaper

Berita Terbaru

Humaniora

KERAJAAN CALCA DIUJUNG TANDUK

Kamis, 14 Mar 2024 - 07:16 WITA

Terkini

“Meritokrasi Is Utopsi”

Kamis, 14 Mar 2024 - 07:08 WITA