Peringatan BMKG : Ini 3 Kabupaten di Sulsel Terancam Banjir Rob

Rabu, 8 Desember 2021 - 04:20 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Talamus.id, – Sulsel, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini terhadap cuaca buruk yang diprediksi terjadi di Sulawesi Selatan selama tiga hari mulai 5 hingga 7 Desember 2021.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar Herbuana Yoga Wadhani mengatakan, adanya aktivitas pasang air laut maksimum dan kondisi gelombang tinggi dapat memengaruhi kondisi wilayah pesisir di Sulawesi Selatan.

“Berdasarkan hal tersebut, banjir pesisir (ROB) berpotensi terjadi di daerah pesisi Kabupaten Barru, pesisi Kabupaten Pinrang, dan pesisir Kota Parepare,” kata Herbuana Yoga Wadhani dalam keterangan resminya yang diterima, Senin (6/12/2021).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Herbuana menuturkan, banjir rob dikhawatirkan mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. Aktivitas yang dimaksud antara lain bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam, dan perikanan darat.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dri BMKG,” imbaunya.

Sementara itu, BMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan mengungkapkan, perkembangan kondisi dinamikan atmosfer terkini menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas Monsun Asia.

Fenomena itu dapat menyebabkan penmbahan massa udara basah, pola pertemuan massa udara (konvergensi) dari laut Jawa hingga Sulawesi, sehingga meningkatkan anomali suhu muka laut di wilayah Selat Makassar, Teluk Bone.

“Kondisi tersebut meningkatkan potensi hujan sedang hingga lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi di wilayah Sulawesi Selatan selama tiga hari ke depan tertanggal 5 hingga 7 Desember 2021,” ungkap Darmawan.

Dia merinci, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Selatan bagian barat meliputi Kabupaten Pinrang, Barru, Pangkep dan Kepulauan, Maros, Gowa, Takalar, Kota Makassar dan Parepare.

Sedangkan untuk wilayah tengah meliputi Kabupaten Enrekang, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja Utara dan Tana Toraja. “Potensi angin kencang di pesisir barat, selatan, dan utara Sulawesi Selatan. Masyarakat juga diimbau mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Sulawesi Selatan dengan ketinggian 1,25 hingga 6 meter,” paparnya.

Gelombang tinggi 1,25 meter hingga 2,5 meter, lanjut Darmawan, terjadi di perairan Pangkep, Teluk Bone bagian utara, teluk bone bagian selatan, perairan timur Kepulauan Selayar, Laut Flores perairan Pulau Bonerate hingga Kalaotoa bagian utara dan bagian selatan.

Gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter terjadi di perairan Parepare, Perairan Spermonde Pangkep bagian barat, perairan Spermonde Makassar, perairan barat Kepulauan Selayar dan perairan Sabalana. Sedangkan tinggi gelombang 4 hingga 6 meter terjadi di Selat Makassar bagian selatan,” bebernya.

Berita Terkait

“Meritokrasi Is Utopsi”
Cara Masak Sarden Simple dan Lezat
Cara Aktivasi Akun Siakba kpu go id
Utara Makassar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran
Waduk Nipa-nipa Berstatus Waspada! Warga Makassar Siaga Banjir
Ketahui Cara Melapor Konten Negatif ke Kemenkominfo
Susut Karena Tergosok 3 Huruf
Cut cut Wallpaper

Berita Terkait

Kamis, 14 Maret 2024 - 07:08 WITA

“Meritokrasi Is Utopsi”

Rabu, 7 Februari 2024 - 12:16 WITA

Cara Masak Sarden Simple dan Lezat

Rabu, 7 Februari 2024 - 07:31 WITA

Cara Aktivasi Akun Siakba kpu go id

Selasa, 30 Januari 2024 - 10:12 WITA

Utara Makassar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Jumat, 26 Januari 2024 - 18:20 WITA

Waduk Nipa-nipa Berstatus Waspada! Warga Makassar Siaga Banjir

Jumat, 12 Januari 2024 - 06:18 WITA

Ketahui Cara Melapor Konten Negatif ke Kemenkominfo

Kamis, 4 Januari 2024 - 11:48 WITA

Susut Karena Tergosok 3 Huruf

Senin, 1 Januari 2024 - 12:10 WITA

Cut cut Wallpaper

Berita Terbaru

Advertorial

Seperti Apa Kebahagiaan dan Cinta Itu?

Minggu, 2 Jun 2024 - 08:09 WITA