Sri Mulyani: Tanpa Pemulihan Kesehatan, Sulit Harapkan Pemulihan Ekonomi Berkelanjutan

Rabu, 2 Juni 2021 - 09:51 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

Talamus.id. – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan, tanpa adanya pemulihan kesehatan sulit mengharapkan pemulihan ekonomi yang berkelanjutan.

“Kerja sama seluruh komponen bangsa dan semangat gotong rotong untuk menangani Covid-19 dan pemulihan ekonomi adalah sangat penting dan harus terus diperkuat,” katanya dalam Rapat Paripurna DPR RI di Jakarta.

Menkeu menjelaskan saat ini pandemi Covid-19 masih sangat mengancam dan memberikan ketidakpastian bagi negara di manapun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Gelombang baru pun masih terus terjadi, termasuk di beberapa negara tetangga kita seperti Malaysia, Filipina, dan Thailand. Berbagai varian virus masih terus bermunculan,” kata Sri Mulyani dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Senin, 31 Mei 2021.

Dia berharap pandemi di dalam negeri dapat terus dikendalikan melalui berbagai upaya bersama, baik itu penegakan protokol kesehatan, peningkatan testing, tracing and treatment, maupun vaksinasi. Kerja sama seluruh komponen bangsa dan semangat gotong-royong untuk mengatasi pandemi Covid-19 dan memulihkan ekonomi sangat penting untuk terus diperkuat.

“Sekali lagi pemerintah menyampaikan bahwa tanpa adanya pemulihan kesehatan, sulit mengharapkan pemulihan ekonomi yang berkelanjutan,” ujar Sri Mulyani.

Kendati begitu, kata dia, kemampuan dan intensitas penegakan disiplin protokol kesehatan di setiap negara berbeda-beda. Kapasitas sistem kesehatan dan akses terhadap supply vaksin secara global masih timpang.

Sedangkan untuk mengakhiri pandemi dibutuhkan kekuatan kolektif semua negara, tidak boleh ada satu pun yang tertinggal. Di tengah situasi yang masih menantang itu, kata dia, Indonesia harus terus menjaga sikap antisipatif sambil terus memberi respons yang tepat terhadap segala dinamika yang terjadi.

APBN sebagai instrumen kebijakan ekonomi yang vital, kata Sri Mulyani. akan terus digunakan untuk upaya-upaya intervensi penanganan kesehatan, perlindungan sosial, serta
dukungan pada dunia usaha terutama UMKM.

Dia mengatakan 2020 dan 2021 telah mengajarkan kepada bahwa di tengah ketidakpastian yang tinggi akibat pandemi, peranan APBN yang adaptif, responsif, dan fleksibel menjadi faktor yang sangat penting untuk memastikan langkah-langkah penanganan Covid-19 dapat dilakukan.

Menkeu menambahkan, APBN harus terus bekerja sangat keras dan bekerja dengan cepat di dalam melindungi masyarakat Indonesia dari ancaman terhadap kesehatan dan jiwanya serta sebagai instrumen untuk melindungi kesejahteraan masyarakat terutama miskin dan rentan, serta mendukung daya tahan dunia usaha baik UMKM ataupun korporasi.

“APBN 2022 harus tetap mampu merespon dinamika yang dapat berubah secara cepat harus tetap antisipasi terhadap risiko yang mungkin terjadi pada saat yang sama. APBN 2022 harus tetap mendukung kebijakan kebijakan reformasi struktural yang sangat penting untuk membangun fondasi bagi pemulihan ekonomi Indonesia yang inklusif produktif kompetitif berkelanjutan,” tambahnya.

Berita Terkait

“Meritokrasi Is Utopsi”
Cara Masak Sarden Simple dan Lezat
Cara Aktivasi Akun Siakba kpu go id
Utara Makassar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran
Waduk Nipa-nipa Berstatus Waspada! Warga Makassar Siaga Banjir
Ketahui Cara Melapor Konten Negatif ke Kemenkominfo
Susut Karena Tergosok 3 Huruf
Cut cut Wallpaper

Berita Terkait

Kamis, 14 Maret 2024 - 07:08 WITA

“Meritokrasi Is Utopsi”

Rabu, 7 Februari 2024 - 12:16 WITA

Cara Masak Sarden Simple dan Lezat

Rabu, 7 Februari 2024 - 07:31 WITA

Cara Aktivasi Akun Siakba kpu go id

Selasa, 30 Januari 2024 - 10:12 WITA

Utara Makassar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Jumat, 26 Januari 2024 - 18:20 WITA

Waduk Nipa-nipa Berstatus Waspada! Warga Makassar Siaga Banjir

Jumat, 12 Januari 2024 - 06:18 WITA

Ketahui Cara Melapor Konten Negatif ke Kemenkominfo

Kamis, 4 Januari 2024 - 11:48 WITA

Susut Karena Tergosok 3 Huruf

Senin, 1 Januari 2024 - 12:10 WITA

Cut cut Wallpaper

Berita Terbaru

Humaniora

KERAJAAN CALCA DIUJUNG TANDUK

Kamis, 14 Mar 2024 - 07:16 WITA

Terkini

“Meritokrasi Is Utopsi”

Kamis, 14 Mar 2024 - 07:08 WITA