Hari Raya Idul Fitri, RCH: Momentum Rekonsiliasi Kebangsaan

Senin, 10 Mei 2021 - 23:27 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PASANGKAYU – Idul Fitri dan rekonsiliasi adalah dua hal yang berbeda namun sulit untuk dipisahkan. Makna Idul fitri yang berarti ‘kembali suci’ haruslah tetap disandarkan kepada kesadaran serta fitrah manusia sebagai hamba Tuhan.

Idul Fitri juga memiliki makna yang berkaitan erat dengan tujuan akhir dari kewajiban berpuasa, yakni menjadi muslim beriman yang bertaqwa.

Meski demikian, menurut alumni Pondok Pesantren Darud Da’wah wal Irsyad (DDI) Mangkoso, Robin Chandra Hidayat yang akrab disapa RCH, makna Idul Fitri juga bisa disematkan dalam konteks berbangsa dan bernegara. Nilai Idul Fitri dalam konteks kebangsaan, kata dia, adalah kembali menyatukan spirit perjuangan sebagaimana saat pertama kali negara ini didirikan oleh para pendiri bangsa pada tahun 1945 yang lalu. “Dalam konteks kebangsaan, Idul Fitri adalah kembali kepada spirit persatuan dalam keberagaman. Roh atau spirit perjuangan kita adalah keberagaman. Mulai dari keberagaman agama, budaya, suku bahkan bahasa yang kemudian bersatu demi cita-cita luhur mendirikan bangsa Indonesia dan merebut kemerdekaan dengan mengusir para penjajah,” kata RCH.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dengan demikian, lanjut alumni Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia ini, ketika Idul Fitri ditarik dalam dinamika politik, maka rekonsiliasi menjadi hal yang sangat penting dalam memberikan makna Idul Fitri di Indonesia saat ini. “Dalam konteks politik, dimana dulu nampak ada gesekan atau konflik politik baik sebelum maupun setelah Pilkada 2020, maka Idul Fitri-nya Indonesia artinya kembali bersatu seperti para pendiri bangsa bersama-sama mendirikan negara ini pada tahun 1945,” ujarnya.

Kemudian, ketika ditarik lebih dalam lagi dalam konteks kedaerahan, maka Idul Fitri juga adalah momentum rekonsiliasi untuk mewujudkan tujuan dari didirikannya daerah-daerah otonom, khususnya daerah yang baru saja melakukan Pilkada pada bulan Desember tahun 2020 yang lalu. “Kemudian dalam konteks kedaerahan, hari raya Idul Fitri juga bisa menjadi momentum untuk kembali bersatu mengumpulkan ide serta gagasan dalam mewujudkan cita-cita awal dari didirikannya daerah otonom sebagaimana yang diniatkan para pendiri daerah dahulu,” harapnya.

Namun, meski demikian makna rekonsiliasi bukanlah berarti harus menjadi bagian atau masuk dalam koalisi pemerintahan, karena mengontrol serta memastikan hidup dan jalannya demokrasi pada suatu daerah adalah bentuk lain dari cara mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa dan daerah. “harus dipahami juga bahwa rekonsiliasi tak melulu bicara masalah posisi, lebih dari itu bahwa rekonsiliasi juga bisa bermakna untuk menjaga persatuan dan kesatuan atau upaya memulihkan tujuan, hubungan persahabatan ke keadaan semula serta perbuatan menyelesaikan perbedaan atau konflik,” tegasnya.

Tak lupa, diakhir pernyataanya, dia, mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri bagi seluruh Ummat Islam di Kabupaten Pasangkayu.
“Sebagai anak daerah, tak lupa Saya ucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri bagi seluruh Ummat Islam di Kabupaten Pasangkayu, mohon maaf lahir dan batin,” tutup RCH.

Berita Terkait

Cara Masak Sarden Simple dan Lezat
Cara Aktivasi Akun Siakba kpu go id
Utara Makassar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran
Waduk Nipa-nipa Berstatus Waspada! Warga Makassar Siaga Banjir
Ketahui Cara Melapor Konten Negatif ke Kemenkominfo
Susut Karena Tergosok 3 Huruf
Cut cut Wallpaper
Kabar Bahagia! Pj Bupati Takalar Pastikan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 4 Cair Pekan ini

Berita Terkait

Rabu, 7 Februari 2024 - 12:16 WITA

Cara Masak Sarden Simple dan Lezat

Rabu, 7 Februari 2024 - 07:31 WITA

Cara Aktivasi Akun Siakba kpu go id

Selasa, 30 Januari 2024 - 10:12 WITA

Utara Makassar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Jumat, 26 Januari 2024 - 18:20 WITA

Waduk Nipa-nipa Berstatus Waspada! Warga Makassar Siaga Banjir

Jumat, 12 Januari 2024 - 06:18 WITA

Ketahui Cara Melapor Konten Negatif ke Kemenkominfo

Kamis, 4 Januari 2024 - 11:48 WITA

Susut Karena Tergosok 3 Huruf

Senin, 1 Januari 2024 - 12:10 WITA

Cut cut Wallpaper

Rabu, 20 Desember 2023 - 20:16 WITA

Kabar Bahagia! Pj Bupati Takalar Pastikan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 4 Cair Pekan ini

Berita Terbaru

Entertainment

Sinopsis Film Reprisal , Memburu Keadilan Dalam Aksi Hebat

Rabu, 21 Feb 2024 - 14:40 WITA